Jumat, 27 Desember 2019

3 KUE KHAS JAKARTA PALING TERKENAL !!!!!

1. Roti Buaya

 
Sumber gambar www.bukalapak.com

Jajanan khas Jakarta yang akan kita bahas pertama kalinya adalah roti buaya. Jajanan satu ini paling khas karena biasa ditemui pada saat acara pernikahan adat khas dari Betawi. Roti buaya ini dianggap sebagai pernyataan cinta dari mempelai pria pada calon istri sebagai simbol cintanya.

Bentuk rotinya memang sengaja dipilih bentuk hewan buaya ini karena buaya memiliki perilaku setia yakni hanya kawin sekali seumur hidupnya. Roti buaya untuk event pernikahan dibuat sepasang karena menyimbolkan kesetiaan dalam berumah tangga. Untuk isian rotinya bisa beraneka ragam sesuai selera.

Roti dengan tekstur empuk dan lembut ini nikmat banget, lho. Kamu bisa pesan langsung pada website Roti Buaya Jakarta dengan ukuran setengah meter. Harga rotinya dijual sepasang yakni Rp 200.000.



2.Dodol Betawi

 
Sumber gambar www.ilotte.com

Jajanan lain khas Jakarta yang banyak ditemukan kala ada perayaan tertentu adalah dodol. Ya, makanan satu ini bisa juga dijadikan camilan sehari-hari, namun saat ini kebanyakan hanya muncul pada perayaan atau pesta saja. Kamu bisa membeli dodol betawi ini di pasar atau secara online.

Dodol betawi sangat populer dan banyak peminatnya. Dengan tekstur kenyal, jajanan ini terasa manis dan nikmat. Rasa dari dodol ditentukan dari komposisi dan jumlah bahan serta cara pembuatannya.

Meski pembuatannya rumit, tak membuat jajanan khas ini dibanderol harga mahal. Kamu bisa memperolehnya di toko online Khas Jakarta dengan harga Rp 35.000. Kamu akan mendapat isi 2 lonjor per pack dengan bobot 400 gram.


Kue Kembang Goyang

 
Sumber gambar readingsocially.com

Kembang goyang merupakan jajanan tradisional dari Betawi. Kue ini tergolong kue kering dengan tekstur renyah dan garing. Jajanan kuno ini bentuknya cantik sama seperti namanya yang berarti bunga bergoyang.

Makanan ini berbahan tepung beras atau tepung ketan. Kue ini mendapat julukan kembang goyang karena kala membuat harus digoyang hingga adonan terlepas dari cetakannya. Kini jajanan tradisional ini sulit didapati namun kamu bisa memesannya secara online.

Varian dari kue kembang goyang kini mulai bermunculan. Dari segi rasa dan warna sudah banyak berkembang. Kamu bisa beli di toko online Kembang Goyang Mini dengan harga Rp 44.000 untuk satu kilogramnya.

SUMBER : https://bp-guide.id/AXH1tR7c

0 komentar:

Posting Komentar