Jumat, 27 Desember 2019

KULINER HITS DI JAKARTA

1. Gado-gado Cemara


 
Gado-gado Cemara
 Hasil gambar untuk gado2 cemara
Alamat: JL. Tanah Abang V No. 36, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Gado-gado merupakan salah satu kuliner khas dari Kota Jakarta. Salah satu warung gado-gado favorit yang ada di Jakarta adalah Gado-Gado Cemara yang ada di Tanah Abang. Tempat kuliner Jakarta yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1947 dan kini dikelola oleh generasi ketiga. Awalnya, warung gado-gado ini memang terletak di Jalan Cemara, namun kemudian pindah ke daerah Pasar Boplo lalu pindah lagi ke daerah Jalan Wahid Hasyim dan terakhir menetap di daerah Tanah Abang.
Rahasia kelezatan dari Gado-Gado Cemara ada pada bumbu kacangnya yang terasa gurih dan ringan. Bumbunya juga tidak terlalu kental karena menggunakan kacang tanah sebagai bahan utama bumbunya dengan campuran sedikit kacang mete sebagai penguat rasa dan aroma. Kelezatan bumbu kacang tersebut dipadu dengan sayur-sayuran yang direbus dengan tingkat kematangan yang sesuai.



2. Soto Padang H. St. Mangkuto

 Hasil gambar untuk Soto Padang H. St. Mangkuto


Soto Padang H. St. Mangkuto
Alamat: JL. Pintu Air Raya No. 26, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Dari dulu, kuliner khas minangkabau memang sudah terkenal kelezatannya. Proses memasaknya juga diketahui memiliki nilai-nilai filosofi tersendiri. Selain rendang, sambal balado, dan gulai pakis, masakan minang yang juga tidak kalah nikmat adalah soto. Orang-orang di luar masyarakat minang biasa menyebutnya dengan nama soto Padang.
Salah satu kedai soto Padang yang terkenal di Jakarta adalah Soto Padang H. St. Mangkuto yang berada di Jalan Pintu Air Raya No. 26. Tempat kuliner Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1966 dan saat ini telah dipegang oleh generasi ketiga. Meskipun pengelolanya sudah sampai tiga generasi, tetapi cita rasa soto yang disajikan tetap tidak berubah dari masa ke masa.
Soto padang yang ada di tempat kulier Jakarta ini biasanya disajikan dalam mangkok kecil yang bersisi sohun, irisan daging sapi yang digoreng kering, perkedal kentang, dan taburan daun bawang yang disiram dengan kuah bening yang segar. Jika rasanya masih kurang mantap, Anda bisa mencampurkan sambal ke dalam soto agar terasa lebih sedap.


3. Bubur Kwang Tung


 Hasil gambar untuk Bubur Kwang Tung
Bubur Kwang Tung
Alamat: JL. Pecenongan No. 67I, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat.

Daerah Pecenongan memang merupakan surga kuliner Jakarta. Terdapat lusinan restoran dengan aneka menu lezat yang siap untuk dicicipi. Apalagi bila malam tiba, kedai-kedai makanan kaki lima berjajar rapi di sepanjang kawasan wisata kuliner Jakarta ini. Salah satu tempat kuliner yang wajib dikunjungi di daerah ini adalah Bubur Kwang Tung.
Restoran ini menyajikan berbagai menu khas Hong Kong, seperti misalnya steamed seafood dan tentu saja bubur sebagai menu andalannya. Aneka olahan bubur tersedia di restoran ini, mulai dari bubur ayam biasa hingga bubur ikan kerapu khas Hong Kong. Porsi bubur yang disajikan terbilang besar sehingga mangkok bubur terlihat sangat penuh.
Menu hidangan laut yang ada juga sangat direkomendasikan oleh para penikmat kuliner yang pernah mampir ke tempat kuliner Jakarta ini. Tidak usah khawatir datang terlalu larut atau terlalu pagi karena Bubur Kwang Tung buka selama 24 jam setiap hari. Satu lagi, restoran ini juga sudah mendapatkan label halal.

SUMBER : http://anekatempatwisata.com/kuliner-jakarta/

0 komentar:

Posting Komentar